Selasa, 03 Desember 2013

Wisata Danau Toba

 HORAS ! Kali ini ujung pena akan mengungkap sedikit tentang tempat wisata yang sangat terkenal yang satu ini yaitu danau toba dan segala apa yang ada disana. Tentunya danau toba ini sudah mendunia tentang keindahan yang dimilikinya.



Sedikit tentang sejarah danau toba. Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.
Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya.
Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Banyak Hal unik di danau toba, contonya tentang Batu Gantung yang dapat kita lihat jika kita ingin menyeberang ke pulau samosir dengan menaiki kapal ferri yang khusus untuk wisatawan yang ingin menyeberang. Ada cerita tersendiri mengenai batu gantung ini. Konon katanya batu yang tergantung tersebut adalah seorang wanita yang mau bunuh diri karena tidak mau menikah dengan lelaki pilihan orang tuanya, diapun nekat untuk mengakhiri hidupnya dengan terjun ke danau, namun rambutnya tersangkut di antara bebatuan, dan ia pun tersangkut untuk selamanya. Demikianlah legenda setempat. Pada kesempatan saya berkunjung kesana, saya sempat menanyakan tentang batu gantung ini kepada pemilik kapal feri yang saya naiki, kalau tidak salah dengar boru si naga yang tergantung di sana.

Selain batu gantung, ada juga patung Sigale-gale yang berada di tomok pulau samosir. Patung ini juga memiliki cerita tersendiri.

Seperti yang kita ketahui, pulau samosir itu di kelilingi oleh danau toba, tapi taukah anda bahwa ada danau lagi di tenga-tengah pulau samosir? Danau Sidihoni, ya itulah namanya. Danau Sidihoni terletak di Kecamatan PangururanPulau Samosir. Kalau Pulau Samosir dikatakan sebagai "pulau di atas pulau", Danau Sidihoni yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai "danau di atas danau" (di atas Danau Toba). Air danau ini sering berubah warnanya, dan oleh penduduk setempat perubahan warna ini dihubungkan dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia.



 Sungguh kuasa Allah yang luar biasa akan ciptaan-Nya yang sungguh indah ini.
Demikian sesdikit ulasan tentang danau toba :)

Best moment saat singgah ke danau toba dengan sohib-sohib saya :D



1 komentar :

  1. nice post.
    nikmati juga indahnya panorama danau maninjau di sumatera barat, klik trip to maninjau dan booking paket perjalanannya sekarang

    BalasHapus